Solusi Redmi 3 Bootloop Stuck di Logo MI

Beberapa hari yang lalu saya kedatangan pelanggan pengguna Android Merk Xiaomi tepatnya Xiaomi Redmi 3 dengan keluhan BootLoop auto Restart ketika dinyalakan sampai dengan batrai drop karena kehabisan daya. Untuk penyebabnya sang pemilik tidak tau jelas, hal apa yang bisa menyebabkan Android miliknya bisa bermasalah seperti itu.

Biasanya untuk mengatasi masalah Android Bootloop atau stuck di Recovery khususnya Android Merk Xiaomi adalah dengan cara diflash ulang menggunakan Frimeware dengan versi yang sama atau diupgrade ke MIUI di atasnya.

Apabila kalian mengalami masalah yang sama, dimana Android Xiaomi Redmi 3 kalian mengalami BootLoop ataupun stuck di Recovery atau bahkan mati total tidak ada salah dicoba diflash ulang mengikuti tutorial berikut ini. Namun Sebelumnya silahkan terlebih dahulu Download  Frimeware Xiaomi Redmi 3.

Setelah kalian download langkah selanjutnya adalah mengekstrak file Frimeware Redmi 3 menggunakan Aplikasi 7zip bukan winrar ya teman-teman. Karena biasanya apabila menggunakan Winrar tidak bisa mengekstrak file frimeware secara penuh.

Buka BackDoor penutup case bagian belakang Redmi 3, buka cuka case penutup PCB mesinnya. Perhatikan gambar di bawah ini, 2 titik test poin saya tunjukkan menggunakan garis merah.



Lepaskan Konektor Batrai, hubungkan ke 2 titik test poin menggunakan pinset atau alat sejenis yang bisa menghantarkan listrik, misalnya potongan kabel tembaga. Kemudian colokkan konektor USB yang sebelumnya sudah terhubung dengan komputer.

Gunakan Device manager untuk cek apakah Test Poin Berhasil. Apabila berhasil maka akan muncul Port Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Jalankan MiFlash Tool, klick tombol Refresh untuk memastikan Device Redmi 3 terdeteksi dan terbaca oleh Mi Flash Tool ditandai dengan munculnya seri COM. Kemudian load frimeware yang sudah diekstrak melalui menu Select.



Pilih Opsi Clean All, kemudian Klick Flash untuk memulai proses flashing. Proses Flash akan berjalan, tunggu hingga proses flash selesai.





Proses Flash selesai dan sukses ditandai dengan munculnya notifikasi Flash Done Success berwanarna hijau seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Cabut Konektor USB, pasang konektor Batrai kemudian coba nyalakan Redmi 3. Sudah dapat dipastikan Redmi 3 akan menyala normal dan masuk ke mode penyiapan penggunaan device baru after flashing. Namun apabila ternyata setelah dilakukan flash, Redmi 3 tetap bootlop atau mati total kemungkinan besar ada masalah hardware bisa karena short atau ada komponen yang sudah aus dan harus diganti.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.