Solusi Oppo A37F Stuck Recovery

Salah satu type kendala atau kerusakan yang sering terjadi pada Android Merk Oppo Type A37 dan A37F adalah Stuck Recovery. Dimana Android Oppo A37 ketika dihidupkan langsung auto masuk ke mode recovery. Meskipun sudah berulang kali dimatikan paksa maka secara otomatis ketika dihidupkan akan langsung dan terus menerus masuk ke mode recovery.



Saya sendiri sudah beberapa kali menangani Android Oppo A37 yang bermasalah stuck di recovery. Banyak juga teman-teman di grup teknisi yang juga menemui kendala seperti ini. Masalah Oppo A37 stuck recovery adalah disebabkan karena tombol volume up yang konslet sehingga terindikasi selalu aktif mengirimkan perintah untuk masuk ke mode recovery.

Tentunya sudah jelas cara untuk menanganinya yaitu dengan memperbaiki tombol volume up agar tidak aktif menekan dengan sendirinya secara terus menerus dengan cara dibersihkan, dipotong atau diganti dengan unit tombol baru.

Namun terkadang meskipun tombol volume UP sudah diperbaiki Android Oppo A37 akan tetap masuk mode recovery karena system error atau crash. Sisi positifnya ketika dimatikan melalui opsi power off device melalui recovery Oppo A37 akan langsung mati dan tidak lagi auto restart dan masuk recovery lagi seperti pada rekaman video berikut ini:



Setelah tombol Power UP dibersihkan, diperbaiki atau diganti dengan unit baru, apabila masih stuck di recovery langkah yang bisa dicoba untuk memperbaikinya adalah dengan cara diflash ulang.

Untuk Flash Ulang Oppo A37 sendiri cukup mudah, tidak susah dan ribet seperti flash Android Oppo keluaran baru saat ini yang harus membutuhkan Akun Auth atau Didirect ISP. Biasanya untuk Tools dan Paket Frimware Flasher Oppo A37 sudah menjadi satu paket.

Jadi didalam Paket Frimware Flash Oppo A37 biasanya sudah tersedia MSM Download Tool. Kita cukup menjalankan Aplikasi MSM Download Tool yang ada di dalam frimware kemudian melakukan proses flashing.

Bagi kalian yang membutuhkan Frimware Flash Oppo A37 dan A37F silahkan searching google, atau bisa reques melalui pesan WhatsApp dengan catatan anda mengirim paket internet untuk upload file. Disini saya sengaja tidak menyediakannya, karena keterbatasan penggunaan kuota internet yang saya miliki.



Setelah MSM Download Tool kalian jalankan, langsung saja Klick Start. Kemudian Koneksikan Android Oppo A37 yang alam posisi pwoer off dengan komputer atau laptop kalian sambil menekan tombol volume up dan down secara bersamaan.



Maka secara otomatis Aplikasi MSM Download Tool akan mendeteksi device Oppo A37 dan proses flash akan berjalan dengan sendirinya. Apabila tidak berhasil kalian bisa mencoba dengan menghubungkan Oppo A37 terlebih dahulu baru menekan tombol start di Aplikasi MSM Download Tool.



Proses Flash Oppo A37 biasannya cukup lama, lebih dari 5 menit bisa antara 5 - 15 menit



Proses Flas selesai dan berhasil ditandai dengan munculnya notifikasi berwarna hijau USB Download Completed.



Cabut Kabel USB dan konektor Batrai, kemudian pasang konektor batrai dan nyalakan Oppo A37. Sampai disini seharusnya Oppo A37 dapat menyala dengan normal kembali. Apabila gagal misalnya Bootloop bisa jadi emmc sudah bermasalah.

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengatasi Android Oppo A37 Stuck Recovery, sekaligus tutorial cara flash Oppo A37 dan A37F yang bisa kalian coba praktikkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.