Solusi Cara Menyembunyikan Status Root Android

Setiap Aplikasi Android yang terdaftar di PlayStore sudah tentu sangat mengutamakan keamanan data privacy penggunanya. Baru-baru ini saya secara tidak langsung baru menyadarinya, dimana saya mencoba Custom ROM MIUI 12 Beta untuk Android Xiaomi Redmi 5 Plus yang saya gunakan sehari-hari.

Secara resmi memang untuk ROM MIUI 12 belum tersedia untuk Pengguna Android Redmi 5 Plus. Namun bagi yang ingin tetap mencicipi ROM MIUI 12 di perangkat Redmi 5 Plus saat ini suda tersedia MIUI 12 Beta hasil porting (modifikasi) dari MIUI 12 Xiaomi Mi 8.

Singkat cerita setelah saya selesai Flash Redmi 5 Plus menggunakan Custom ROM MIUI 12 dan mencoba menginstall Aplikasi tambahan yang saya perlukan, mulai terliaht keanehan dimana Aplikasi Backup sebelumny sebagian besar tidak dapat diinstall dan saya harus mendownload ulang update terbaru dari setiap aplikasi melalui PlayStore.


Akun Kamu Terdeteksi Root Handphone Kamu Terdeteksi Root. Karena Alasan Keamanan. Kamu Tidak Dapat Menggunakan Aplikasi LinkAja 

Tidak sampai disitu saja, beberapa Aplikasi yang sudah sukses terinstal melalui PlayStore tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Aplikasi selalu Force Close dengan pemberitahuan Adanya status Root Aktif Device Android. Secara otomatis Aplikasi mencekal dirinya sendiri untuk dijalankan diperangat yang telah diRoot, seperti Aplikasi Mobile Banking, Internet Banking,  Aplikasi Belanja Online, Aplikasi Dompet Digital seperti LinkAja seperti tampak pada screenshotdi atas Aplikasi LinkAja terdeteksi root sehingga tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Saya sendiri tidak begitu paham bagaimana sebenarnya resiko yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi yang telah diRoot, Selama ini yang saya tahu hanyalah dengan meroot Device Android kita dapat memodifikasi System secara penuh dan dapat menginstal Aplikasi apa saja secara bebas, selain itu konon katanya Performa Android akan meningkat secara signifikan setelah diRoot.

Panduan Cara Menyembunyikan Status Root Android dari Semua Aplikasi Android

Apabila Android yang kamu gunakan sudah kalian Root atau kalian menggunakan Custom ROM yang auto Root, solusi agar kalian dapat menginstall dan menjalankan Aplikasi secara normal tanpa adanya peringatan perangkat telah diroot dan aplikasi tidak diizinkan dijalankan device Root solusinya adalah dengan menyembunyikan status root menggunakan Aplikasi Magisk Manager.

Jalankan Magisk Manager, apabila muncul Notifikasi Magisk perintah update Magisk dan Magisk Manager silahkan kalian update terlebih dahulu, pilih opsi Recomended Install.


Setelah selesai update Magisk dan Magisk Manager Tab menu Magisk Manager yang ada di sudut atas sebelah kiri. Sebelum kalian mengaktifkan fitur Magisk Hide di pengaturan maka menu Magisk Hide tidak akan ditampilkan.


Pilih Opsi Menu Settings, kemudian Aktifkan Magisk Hide (Hide Magisk from various forms of detection)


Setelah itu kembali ke menu utama Magisk Manager, maka Opsi Menu Magisk Hide sudah ditampilkan. Tab Opsi Menu Magisk Hide kemudian berikan ceklist pada aplikasi yang mendeteksi device rooted. Kalian bisa juga memberikan tanda cheklist pada semua aplikasi yang telah terinstall atau memilih beberapa aplikasi yang memang tidak bisa dijalankan di perangkat yang telah diRoot.


Dengan cara ini, Aplikasi yang sebelumnya tidak dapat dijalankan di device yang telah diroot dapat berjalan dengan normal dan tidak akan mendeteksi bawah perangkat telah diroot. Kalian bisa menginstall dan menggunakan Aplikasi apa saja dengan aman tanpa khawatir lagi dicekal karena Aplikasi mendeteksi perangkat rooted.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.