Solusi Menu Pengaturan Advan I7A tidak Bisa Dibuka

Handphone Android tipe Tablet adalah salah jenis media  permainan pilihan banyak orang tua yang diberikan untuk anak-anak dan yang paling laris manis adalah merk Advan dengan harga yang murah dan kualitas yang cukup baik Tablet Android menjadi primadona untuk saat ini. 

Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan Job Service Tablet Android Advan I7A dengan problem tidak bisa diakses atau dibukanya menu pengaturan. Entah setingan atau kesalahan apa yang telah dilakukan oleh anak pemakai tablet tersebut menu pengaturan sama sekali tidak bisa diakses. Tentunya ini adalah satu masalah yang perlu segera diperbaiki karena tanpa adanya menu pengaturan tentunya fungsi dari tablet tersebut juga akan sangat terbatas. 



Langkah pertama yang biasa Admin lakukan untuk mengatasi eror pada Handphone Tablet seperti bootlop, terkunci pola, memory penuh dan eror lainya adalah dengan cara melakukan manual reset atau biasa disebut hard reset dengan kombinasi tombol power dan volume UP / Down untuk mengakses menu recovery dan melakukan wipe data serta cache. Biasanya dengan metode hard reset masalah-masalah eror pada tablet bisa terselesaikan. Namun tidak untuk kasus ini, meskipun tablet sudah dihard reset, menu pengaturan tetap tidak biasa diakses sama sekali. 

Icon menu pengaturan (roda gigi) tetap ada namun tidak bisa diakses, baik melalui menu home screen atau melalui menu gulir atas. Dalam Kondisi normal tentunya menu pengaturan dapat diakses dengan mudah.




Karena cara pertama tidak berhasil maka solusi yang kedua adalah dengan cara melakukan Flash Ulang. Untuk melakukan flash ulang pada Tablet Adroit I7A bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah: Frimeware Advan I7A, SP Flash Tool, Driver MTK, dan Kabel USB. 

Setelah semuanya siap, dan Frimeware telah diextrack buka SP Flash Tool, kemudian pada menu Scatter-Loading masukkan file scatter yang berada dalam frimeware yang telah diekstrak sebelumnya. Pada menu Downlaod Agen pastikan pilihan "MTK_AllInOne_DA.bin" kemudian uncheck pada bagian Preloader untuk menghindari hardbrick apabila nantinya gagal flash atau salah frimeware sehingga meskipun gagal flash system mmc tidak crash.


Tips buat kalian yang belum terbiasa melakukan flash, atau ingin mencoba belajar flash ulang handphone sendiri, dalam mencari dan mendownload frimeware admin sarankan carilah frimeware di chanel youtube. Setelah kalian menemukan tutorial di youtube yang membahas tentang flash yang akan diterapkan, dan pada deksripsi tutorial diberikan link download bahan, maka bacalah komentar-komentar yang ada di channel tersebut. Apabila banyak komentar yang menyampaikan tutorial tersebut work dan aman itu berarti frimeware yang disediakan terjamin tepat sasaran, namun sebaliknya apabila ada yang berkomentar bermasalah setelah mengikuti tutorial sebaiknya kalian abaikan dan cari yang lain. Hal ini untuk menghindari kegagalan flash karena salah frimeware (sangat berbahaya) bisa berakibat handphone matot.




Klick Tombol Download untuk memulai Flash, dalam kondisi Off hubungkan Tabled Advan I7A dengan usb sambil menekan tombol Volume UP dan Down secara bersamaan. Proses Flash akan berlangsung dengan sendirinya ketika device terdeteksi oleh system. 



Tunggu proses flash sampai dengan selesai, proses flash dapat berlangsung lebih dari 5 menit apabila sudah selesai akan muncul  Cheklis seperti gambar di atas.

Setelah proses flash selesai lepaskan koneksi usb kemudian coba nyalakan Tablet seperti biasanya, ikuti setting penyiapan device baru sampai dengan selesai dan akhirnya Tablet Advan I7A sudah kembali normal. Bagi kalian yang memerlukan bantuan bisa chat Admin melalui filture Chat WhatsApp blog ini.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.