Solusi Mengatasi Sinyal 4G Xiaomi Redmi 3 Hilang

Masalah sinyal 4G hilang pada Android Xiaomi khususnya typy Redmi 3, Redmi 3 Pro, Redmi 3S atau Redmi 3X sering terjadi. Kemungkinan penyebabnya adalah Android Redmi 3 pada dasarnya saat diproduksi belum ditargetkan untuk suport menggunakan Jaringan 4G sehingga perlu dilakukan sedikit modifikasi agar Redmi 3 bisa mengakses jaringan 4G.


Dari sinilah saya rasa timbul banyak kasus dimana sinyal 4G pada Redmi 3 hilang ketika dilakukan flash ulang atau hardreset ke pengaturan pabrikan.


Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan tutorial bagaimana cara mengatasi masalah sinyal 4G hilang pada Android Xiaomi Redmi 3. Tutorial ini dapat juga diterapkan pada Android seri Redmi 3 lainnya seperti Redmi 3 Pro, Redmi 3S atau Redmi 3X Karena pada dasarnya secara fisik hardware dan software hampir sama.

Cara Mengatasi Redmi 3 Sinyal 4G Hilang Tidak Muncul MIUI 9


Untuk mengatasi sinyal 4G hilang pada Redmi 3 yang Anda butuhkan yaitu File Path Sinyal 4G, TWRP dan MiFlash Tool. Jadi untuk proses penanganannya Redmi 3 wajib dipasang TWRP terlebih dahulu agar dapat menginstal file Path Sinyal 4G nantinya.


Proses pemasangan TWRP sangatlah mudah tidak perlu harus Unlock BootLoader bisa langsung dipasang menggunakan MiFlash Tool. Agar proses pemasangan TWRP tidak mengalami kendala gunakan Windows 7 64bit. Pengalaman saya sebelumnya menggunakan Windows 10 selalu gagal flash dan muncul error di Mi Flash Tool.

1. Salin dan Masukkan File Path 4G Redmi 3 ke memory Internal


Dalam kondisi Redmi 3 hidup hubungkan dengan komputer kemudian aktifkan mode transfer dan penyimpanan file. Copy dan Paste file Path 4G Redmi 3 ke momory internal seperti tampak pada screenshot di bawah ini:


2. Matikan Redmi 3 kemudian Masuk ke Mode Download. Caranya tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan, ketika muncul Logo MI lepaskan penekanan tombol Power dan tetap tekan dan tahan Tombol Volume-Up, maka Redmi 3 akan masuk ke mode Recovery.


3. Pilih menu Download. Secara otomatis Redmi 3 akan mati dan masuk ke mode Download

4. Hubungkan Redmi 3 dengan Windows Komputer atau laptop menggunakan kabel USB Data

5. Buka MiFlash Tool kemudian Load file TWRP Non-UBL melalui menu select


6. Klick Refresh agar Device Redmi 3 terbaca MiFlash Tool, Pilih Opsi Clean All kemudian Flash


7. Proses Flash selesai. Cabut Kabel USB kemudian nyalakan Redmi 3 ke mode Recovery dengan cara menekan tombol Power dan Volume-Up secara bersamaan.


8. Pilih Menu Recovery. Maka secara otomatis Redmi 3 Restart dan masuk ke TWRP


9. Ceklist Never Show this screen during boot again, kemudian slash ke Kanan


10. Saatnya Install Path 4G Redmi 3. Tab menu Install


11. Cari dan Temukan File Path 4G Redmi di Memory Internal


12. Select Path_4G_Only_Miui8_ido_Rivv.zip


13. Konfirmasi Instal dengan cara Slash ke Kanan


14. Proses Instal Path 4G Redmi 3 Selesai. Tab Wipe Cache


15. Konfirmasi Wipe Cache & Dalvik dengan Slash ke Kanan


16. Wipe Cache & Dalvil Selesai, Tab Reboot System


17. Konfirmasi Reboot System dengan Slash ke Kanan


18. Tunggu Proses Wipe Cache & Dalvik serta Path jaringan 4G Redmi 3 sekitar 5 - 10 menit


19. Masuk ke menu pengaturan cari Opsi Tipe Jaringan Prioritas, ubah menjadi Prioritas LTE


20. Selesai. Redmi 3 sudah kembali dapat menggunakan dan mengakses Jaringan 4G


Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mudah Mengatasi Sinyal 4G Xiaomi Redmi 3 yang hilang setelah dilakukannya flash ulang atau hard reset ke pengaturan pabrikan. Semoga tutorial di atas mudah dipahami dan dipraktikkan, apabila Anda membutuhkan bahan-bahan di atas silahkan hubungi saya melalui menu Contact Us pilih Opsi WhatsApp atau E-mail.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.