Solusi Advan S4Z Plus Mati Total Karena Gagal Flash

Setelah sekian lama untuk kedua kalinya saya mendapatkan Job Service Advan S4Z Plus. Kali ini Advan S4Z Plus mengalami kendala error sering muncul notifikasi sayangnya Aplikasi Telah Terhenti. Sehingga aplikasi yang sedang dijalankan terkadang sering error tidak berjalan dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, atau muncul notifikasi dari Aplikasi bawaan Google Apps yang error Forclose yang tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.



Ada 2 kemungkinan penyebab masalah sering munculnya jendela notifikasi forclose sayangnya aplikasi telah terhenti pada Android khususnya Android Advan S4Z Plus yang sedang saya  tangani. Pertama karena system mengalami crash dan error sehingga perlu dilakukan penyegaran system dengan cara flash ulang. Dan yang kedua karena EMMC yang sudah lemah, yang apabila dilakukan flash ulang biasanya akan mati total.



Untuk memastikannya, saya pun mencoba melakukan hardreset melalui metode senam jari yaitu dengan menekan kombinasi tombol Power dan Volume Up agar bisa mengakses Recovery kemudian melakukan farctory reset yang biasanya bisa sebagai alternatif mengatasi lupa pola atau penyegaran system akibat penggunaan memory internal yang berlebihan.

Setelah saya coba, ternyata Recovery tidak dapat diakses. Beberapa kali saya coba lakukan kombinasi tekan tombol Volume Up dan Power tidak ada hasil. Tentunya ini merupakan rambu penanda bahwa untuk kelanjutan proses service saya harus konfirmasi dengan pemilik karena ada resiko mati total apabila gagal diflash.



Setelah mendapatkan persetujuan dan sang pemilik berani mengambil resiko, saya mencoba flash Advan S4Z Plus menggunakan QGDP Flash Tool Versi 3.1.6. Untuk vesi QGDP Flash Tool versi update diatasnya berdasarkan hasil test tidak bisa membaca File Frimware selalu muncul pesan failed.

Hasilnya pada proses flashing Advan S4Z Plus menggunakan QGDP Flash Tool Versi 3.1.6 terkendala mentok di 93% dan kemudian failed. Karena proses flash failed sebagaimana saya sebutkan konsekuensinya di atas, Advan S4Z Plus mati total.

Proses service Advan S4Z Plus kali ini cukup membuat saya pusing, sampai beberapa jam saya mencoba flash dengan berganti-ganti frimware tidak membuahkan hasil. Hampir saja saya menyerah, namun karena merasa penasaran saya terus mencoba dan Alhamdulillah pada akhirnya berhasil. Advan S4Z Plus yang mati total karena gagal flash bisa hidup kembali dengan normal.

Caranya adalah dengan flash menggunakan Upgrade Download Toll Versi R4.0.0001. Selain menggunakn versi ini tidak berhasil baik itu versi update dibawahnya atau di atasnya. Selalu saja akan ada error dengan type error yang berbeda-beda. Jadi buat kalian yang ingin flah Advan S4Z menggunakan file frimware pac sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan versi update tool seperti tampak ada sreenshot di bawah ini:



Bagi kalian yang membutuhkan Upgrade Download Tool bisa kalian downliad DISINI dan untuk Frimware File PAC tested bisa kalian download DISINI


  • Setelah kalian download Frimware dan Upgrade Download Tool di atas ekstrak ke dekstop agar lebih mudah dijangkau.
  • Jalankan Aplikasi Upgrade Download Tool, load file frimware melalui icon gerigi di sudut kiri atas, dan tunggu hingga proses load selesai.
  • Klick Tombol Play untuk memulai Proses flashing
  • Advan S4Z dalam kondisi Power Off, tekan tombol volume UP dan hubungkan dengan komputer menggunakan kabel USB
  • Setelah Aplikasi Upgrade Download Tool, mendeteksi dan membaca device Advan S4Z proses flash akan berjalan dan tunggu hingga proses flash selesai deitandai dengan muncul notifikasi passed
Demikianlah Panduan Tutorial Cara Flash Advan S4Z Plus yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah Advan S4Z Plus mati total karena gagal flash, Lupa Pola atau PIN, Bootloop Stuck di Logo Advan dan Advan S4Z Plus yang sering error muncul jendela notifikasi aplikasi sayangnya telah terhenti.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.